Minggu, 24 Maret 2013

Laporan KKN



Pembahasan Program Pokok

2.2.1   Identifikasi Masalah

Identifikasi masalah dilakukan untuk mengetahui beragam masalah yang sedang dialami oleh warga masyarakat di Desa Sukadana Baru dan dilakukan oleh mahasiswa KKN selama 6 hari yaitu mulai tanggal 16 Januari 2013 sampai tanggal 22 Januari 2013.

Identifikasi masalah dilakukan dengan cara diskusi langsung dengan perangkat desa yaitu Kepala Desa, Sekretaris Desa, seluruh kepala dusun,tokoh masyarakat dan warga desa  mengenai masalah kesehatan yang sedang dialami oleh warga sekitar Sukadana Baru  khususnya dan warga Kecamatan Marga Tiga pada umumnya. Dari diskusi langsung maupun terjun langsung ke lapangan dan disususn secara sistematis yang dituangkan dalam bentuk boring untuk memudahkan dalam proses pengolahan data. Oleh karena itu diperoleh hasil tentang masalah yang sedang terjadi di masyarakat yaitu:

·         Kurangnya Kesadaran akan Siskampiling, Gotong Royong,menaati peraturan lalu lintas, dan membayar pajak
·         Minimnya pengetahuan petani terhadap budidaya,hama dan penyakit tanaman lada dan kakao
·         Minimnya kreativitas ibu-ibu dibidang pertanian
·         Belum dilaksanakannya les untuk anak SD Kelas 6 sebagai persiapan UN
·         Kurangnya pengetahuan tentang koperasi
·         Kurangnya kegiatan olahraga ibu-ibu dan anak-anak
·         Kurangnya hiburan secara gratis didesa
·         Penghijauan yang masih minim
·         Minimnya sarana diskusi antar pamong
·         Kurangnya guru ngaji di mushola dan Belum adanya jadwal waktu sholat




2.2.2        Pemecahan Masalah

Setelah melakukan identifikasi masalah, dilakukan pemecahan masalah-masalah tersebut dengan mendiskusikannya langsung bersama perangkat desa yaitu Kepala Desa, Sekretaris Desa, seluruh kepala dusun,tokoh masyarakat,dinas instansi terkait, warga desa serta anggota kelompok. Lalu  menyusun program apa saja yang dapat dilakukan di Desa Sukadana Baru dalam upaya pemecahan masalah yang terjadi di masyarakat.

2.2.3        Koordinasi dengan perangkat desa, Dinas Instansi dan Masyarakat

Setelah dilakukan identifikasi masalah dan penyusunan program, kami  melakukan upaya koordinasi dengan segenap jajaran perangkat desa, dinas Instansi terkait dan Masyarakat. Hal ini dilakukan dalam upaya agar program-program yang akan dilaksanakan dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan tujuan. Adapun bentuk koordinasi yang dilakukan yaitu :

·         Koordinasi dengan kepala kampung tentang teknis pelaksanaan setiap program serta diskusi terkait kebutuhan desa

·         Koordinasi dengan kepala dusun dan tokoh masyarakat prihal pendataan masalah-masalah dan pelaksanaan program-program yang bertujuan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dan pertanian.

·         Koordinasi dengan Dinas Instansi terkait seperti Dinas Koperasi, Kecamatan, Kepolisian dan Sekolah dalam upaya perizinan, pengadaan, pengarahan dalam  pelaksanaan program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar