Minggu, 24 Maret 2013

Laporan KKN

Pelaksanaan Kegiatan




2.2.4 Penyuluhan Peningkatan Kesadaran Hukum secara Umum dan berlalu Lintas serta pemasangan plank 5 M.

Kesadaran hukum yang masih tergolong rendah, menyebabkan kami melakukan program ini dalam rangka menyadarkan kembali masyarakat akan pentingnya menaati peraturan yang ada. Beberapa point yang kita angkat ialah kesadaran tentang pentingnya menaati aturan lalu lintas, ikut serta menjaga kebersihan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan, membayar pajak Bumi dan Bangunan serta motor, dan menana pohon. Dalam rangka lebih mempertegas program kami, kami mengajak para pamong desa untuk berkontribusi selain menyumbangkan tenaga, danapun bersama-sama kami sokong guna terlaksanana program ini.

Pada tanggal 23 Januari 2013 kami mengadakan penyuluhan di Balai Desa Sukadana Baru yang di pimpin pemateri oleh 2 orang mahasiswa hukum, Manggara Guin Tc dan Nabilla Atika Putri, serta 1 orang wakil dari polsek marga tiga. Agenda berlangsung lancar dan antusias dari peserta. Acara dimulai pukul 20.00 WIB dan berakhir pada pukul 22.00 WIB. Setelah agenda selesai dilaksanakan pembuatan plank 5M bersama pamong desa dan pada tanggal 18 Februari Plank tersebut dipasang disetiap dusun yang ada di Desa Sukadana Baru.

2.2.5 Penyuluhan pertanian dan kunjungan lapang ke kebun masyarakat desa

Banyaknya petani kakao dan lada di Desa Sukadana Baru yang menjadikan desa ini terkenal dengan kakao dan ladanya. Bahkan sudah ada yang sampai-sampai mengekspor ladanya keluar negri. Akan tetapi beberapa petani mengeluhkan, di sepanjang musim penghujan ini tak henti-hentinya penyakit menyerang khususnya busuk buah pada kakao dan busuk pangkal batang lada.Hampir setiap petani mengeluhkan kedua penyakit itu. Kemudian kami mencoba menyelenggarakan penyuluhan dengan mengundang KPD Perkebunan dan KPD Pertanian kecamatan Marga Tiga dan seorang pemateri berasal dari mahasiswa pertanian yaitu Nazomi Irawan.Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 28 Januari 2013. Acara dimulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB., lalu dilanjutkan pukul 13.00 WIB untuk kunjungan lapangan ke kebun Bapak Hi. Lukito di Gerem Pawiki.

2.2.6 Sosialisasi vertikultur

Vertikultur merupakan seni dalam bidang pertanian. Selain berguna memanfaatkan lahan yang sempit untuk digunakan semaksimal mungkin, juga digunakan sebagai penghias halaman. Oleh karena itu, kami mengundang ibu-ibu PKK untuk dapat berpartisipasi dalam acara tersebut. Acara tersebut diikuti oleh 20 ibu-ibu yang semuanya berasal dari ibu-ibu PKK dan warga sekitar balai desa. Sosialisasi Vertikultur ini diselenggarakan pada tanggal 10 Februari 2013 setelah sebelumnya anggota KKN membuat contoh Vertikultur untuk kemudian dipamerkan saat sosialisasi vertikultur. Sosialisasi ini di bawakan oleh mahasiswa KKN yaitu elga octavianata. Tujuan dari terselenggaranya acara ini ialah agar ibu-ibu bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk menghias halaman rumah

2.2.7 Penyuluhan Koperasi dan UMKM

Penyuluhan Koperasi dan UMKM dilaksanakan pada 6 Februari 2013 pada pukul 13.00 WIB bertempat di Balai Desa Sukadana Baru. Dalam Pelaksanaan kegiatan ini berjalan lancar dan juga ada beberapa teman-teman dari mahasiswa yang ikut kegiatan ini. Penyuluhan koperasi dan UMKM ini bertujuan yaitu:
1. Memberi pengetahuan tentang koperasi kepada kelompok tani yang ada di desa
2. Memberi pemahaman kepada petani tentang pentingnya dibentuk koperasi
3. Petani mengetahui cara-cara membentuk koperasi
Kegiatan Penyuluhan ini dibawakan  oleh pemateri dari dinas koperasi lampung timur 2 orang. Follow up dari acara ini ialah ibu-ibu PKK berkumpul kembali untuk bersama-sama membuat anyaman lidi yang apabila jumlahnya sudah banyak dan sudah banyak sumberdaya manusia yang terampil dapat dibentuk koperasi didesa.

2.2.8 Nonton bareng film pendidikan

Program nonton film bareng ini merupakan realisasi dari tema harmonisasi sosial. Pengunjungnya ialah mayoritas anak-anak disusul ibu-ibu dan bapak-bapak. Program ini dilaksanakan setiap 1 minggu 1 kali. Nonton film bareng dilaksanakan setiap malam minggu agar tidak mengganggu sekolah anak-anak. Film yang diputar pun beragam, mulai dari film pendidikan, komedi sampai film horor. Lebih dari 50 orang hadir setiap program ini dilaksanakan. Program ini dimulai pukul 20.00WIB bu-hingga 22.00 WIB. Program ini bertujuan selain menghibur warga baik anak-anak atau dewasa juga dapat meningkatkan kebersamaan dikalangan warga masyarakat desa .

2.2.9 Pengadaan Les UN Di SDN 1 Sukadana Baru

Mendekati hari-hari ujian nasional bagi siswa kelas 6 SD tentunya perlu persiapan yang matang. Hal itu sangat penting mengingat ujian nasional yang nantinya menjadi indiator seorang siswa lulus atau tidaknya. Siswa kelas 6 SDN 1 Sukadana Baru menjadi tempat pengabdian kami selanjutnya karena memasuki semester 2 tahun pelajaran 2013 mereka belum melaksanakan les ujian nasional. Di sana kami memulai melakukan les dari hari senin hingga kamis setiap minggunya. Mulai dri tanggal 25 Januari – 20 Februari 2013 Pukul 13.30WIB Les dilaksanakan. Adapun  mata pelajaran yang di pelajari adalah matematika, IPA, IPS, bahasa indonesia, serta bahasa inggris sebagai tambahan pengetahuan mereka. Mereka sangat antusias bahkan tak jarang murid-murid siswa SDN 1 Sukadana Baru datang ke posko KKN untuk belajar.Tujuan dari programini diantaranya:
1. Membantu pihak SDN 1 Sukadana Baru menyelenggarakan les bagi siswa kelas 6 SD
2. Mempersiapkan siswa kelas 6 SDN 1 Sukadana Baru dalam menghadapi ujian Nasional
3. Merupakan salah satu bentuk pengabdian kami terhadap sekolah dan para siswa

2.2.10 Senam Ibu-ibu dan Anak-anak

Senam untuk ibu-ibu dan anak-anak memang sangat dibutuhkan karena mengisi waktu ibu-ibu di Desa Sukdana Baru dengan kegiatan yang bermanfaat. Begitupula anak-anak, mereka bahkan rela datang pagi-pagi untuk senam agi bersama.  Senam ibu-ibu dilaksanakan pada hari senin dan sabtu sore pukul 16.00 WIB di Balai Desa. Sedangkan senam anak-anak dilaksanakan pada minggu pagi pukul 7.00 WIB bertempat di halaman rumah. Program ini merupakan salah satu bentuk realisasi dari tema harmonisasi sosial. Sayangnya program ini belum berjalan maksimal disebabkan cuaca yang tidak menentu, terkadang ketika sore hari hujan sehingga agenda senam ibu-ibu harus dibatalkan.

2.2.11 Penanaman 1000 bibit pohon akasia

Demi melancarkan program kementrian kehutanan penanaman 1 milyar pohon, kami mengadakan penanaman 1000 tanaman akasia di Desa Sukadana Baru. Kami membagi bibit tanaman ke 4 dusun di Desa Sukadana Baru. Beberapa ditanam di lapangan sepakbola, balai desa, dan yang lainnya kami berikan kepada masing- masing kepala dusun. Program ini diawali oleh penanaman secara simbolis oleh Bapak Camat Marga Tiga, dan Bapak Kepala Desa Sukadana Baru.

2.2.12 Gotong Royong Lingkungan Desa

Hampir setiap jumat atau minggu lingkungan Desa Sukadana Baru mengadakan gotong royong atau gugur gunung. Akan tetapi banyak pula warga yang tidak mengikutinya dengan berbagai alasan. Oleh karena itu, kami mencoba ikut membantu dengan tujuan agar selain para warga yang sedang gotong royong menjadi lebih semangat, juga bagi yang tidak ikut merasa malu. Program ini merupakan bentuk realisasi dari tema harmonisasi sosial dimana tujuan dari kegiatan ini ialah menimbulkan rasa kebersamaan antar warga masyarakat.


2.2.13 Diskusi pamong desa dan perpisahan

Mengadakan diskusi dengan seluruh pamong desa merupakan salah satu hal yang penting diawal, ditengah ataupun diakhir. Diskusi dengan pamong ini dilaksanakan di rumah-rumah pamong serta pada saat perkumpulan pamong. Disaat itulah waktu yang tepat mencari permasalahan yang berada di Desa Sukadana Baru. Diskusi berjalan dengan efektif dikarenakan pamong di desa sangat aktif walaupun ada juga beberapa yang tidak aktif. Diskusi ini juga dapat menimbulkan semakin dekatnya kami dengan para pamong.

2.3 Pembahasan Program Tambahan

2.3.1 Mengajar mengaji dan pengadaan waktu sholat

Mengajar mengaji anak-anak dilakukan setiap maghrib di mushola. Diikuti hampir 15 orang setiap harinya. Merek sangat antusias, bahkan mengajar ngaji pun tidak hanya kami lakukan di mushola, di posko KKN pun juga pernah dilakukan. Seelain itu, belum adanya waktu sholat untuk selamanya menjadikan tidak adanya patokan waktu sholat, sehingga terkadang bingung menentukan masuknya waktu sholat. Oleh karena itu, kami mencetak jadwal waktu sholat agar waktu sholat setiap mushola dapat serentak selain itu ada patkan yang jelas terhadap masuknya watu sholat.

2.3.2 Sosialisasi menabung dan dokter cilik

Kegiatan menabung saat ini sudah mulai dilupakan oleh banyak orang termasuk anak-anak. Banyak anak-anak yang memilih menghabiskan uang jajannya dibandingkan mereka harus meabung. Oleh karena itu, diadakannya program sosialisasi ini dengan tujuan:
1. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya menabung
2. Menggerakan gerakan menabung bagi anak-anak
Selain itu, diadakan juga program dokter cilik. Program ini merupakan program tambahan dimana disini siswa kelas 5 SD dilatih bagaiman cara menangani orang sakit di sekolah.Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 5 SD dengan harapan mereka dapat menangkap sedikit apa yang diterangkan kami. Program ini dinilai sangat dibutuhkan karena di sekolah tidak terdapat UKS (Unit Kegiatan Sekolah), sehingga ketika ada temannya yang sakit siswa dapat memberikan pertolongan pertama. Kegiatan ini dilaksanakan pada 21 Februari 2013 pukul 7.30 WIB.

2.3.3 Pelatihan menggosok gigi yang baik dan benar untuk anak SD

Kegiatan ini merupakan kegiatan pembuka dari seluruh kegiatan yang akan kami lakukan di SDN 1 Sukadana Baru. Pelatiahan menggosok gigi sangat baik dilakukan mengingat anak-anak SD belum pandai untuk memilih-milih makanan. Apalagi banyak dari siswa SD yang belum pernah menyikat giginya. Oleh karena itu pada tanggal 26 Januari 2013 kami mengadakan penyuluhan menggosok gigi yang baik dan benar setelah itu dilanjutkan dengan sosialisasi Les untuk anak-anak kelas 6 SD.

2.3.4 Lomba Anak-anak

Kegiatan lomba anak-anak merupakan kegiatan penutupan kami di SD.  Kegiatan tersebut diikuti oleh anak-anak dari Desa Sukadana Baru, Nabang dan Munjuk. Adapun cabang lomba yang dikompetisikan ialah:
1. Balap karung
2. Lomba makan kerupuk
3. Balap kelereng
Sebelum lomba dimulai, kami mengawalinya dengan senam Chicken dance. Ibu-ibu pun turut hdir memberikan dukungan kepada anak-anaknya. Acara ini kami lakukan pada tanggal 24 Februari 2013 pukul 10.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar