Minggu, 24 Maret 2013

Laporan KKN

Tempat dan Kondisi



1 Tempat Pelaksanaan KKN Tematik Unila

Bertempat di Desa Sukadana Baru , Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.


2. Kondisi dan Gambaran Umum Lokasi KKN Tematik

Desa Sukadana Baru adalah salah satu desa yang masuk dalam wilayah administrasi pemerintahan kabupaten Lampung Timur, Kecamatan Marga Tiga. Desa Sukadana Baru terdiri dari 8 Dusun dan 29 RT. 8 Dusun di Desa Sukadana Baru terpisah menjadi 2 wilayah yaitu yang satu berada di Gerem dan yang satu lagi berada di Sukadana Baru. Dahulu Desa Sukadana Baru bernama Desa Nabang lama. Desa Sukadana Baru Berbatasaan dengan
Sebelah Utara              : Desa Jembat Batu
Sebelah Selatan           : Desa Nabang Baru
Sebelah Timur             : Desa Surya Mataram
Sebelah Barat              : Desa Tanjung Harapan
Masyarakat Desa Sukadana Baru sebagian besar berprofesi sebagai penderes gula merah, buruh petani kakao dan lada, serta kuli bangunan. Jika melihat dari jumlah pendapatan masyarakat Sukadana Baru, masyarakat di desa ini sudah dapat dikategorikan sebagai masyarakat yang cukup mapan memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Pendapatan masyarakat sebagai buruh atau pemilik lahan pertanian sudah dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, sudah banyak bantuan yang datang seprti bantuan jalan dan sumur bor.
Para pamong desa pun rutin menyelenggarakan peremuan satu bulan sekali untuk lebih mempererat persaudaraan, tetapi ada beberapa hal yang kurang dari desa tersebut yaitu kondisi balai desa yang mengenaskan, bocor dimana-mana selain itu kantor kepala desa dan sekertaris desa pun tidak digunakan sebagaimana mestinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar