Minggu, 24 Maret 2013

Laporan KKN

Latar Belakang, Tujuan, dan Tempat Pelaksanaan



1.1  Latar Belakang

Kuliah kerja nyata merupakan suatu kegiatan intrakulikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, KKN diadakan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empiric-praktis. KKN tematik merupakan bentuk penegasan loyalitas dan solidaritas Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM).

Kelompok pelaksana program KKN Tematik dibentuk dari beberapa mahasiswa yang memiliki displin ilmu yang berbeda. Kelompok kami terdiri dari 10 mahasiswa, yang masing-masing memiliki displin ilmu yang berbeda. Pada kesempatan ini, kelompok kami dipercayakan melaksanakan kegiatan yang bertemakan yaitu peningkatan kesadaran hukum, revitalisasi pertanian dan perkebunan, dan harmonisasi sosial. Dari tema-tema tersebutlah kami membuat kegiatan-kegiatan yang berlangsung di Desa Sukadana Baru selama 40 hari. Kegiatan KKN Tematik yang dilakukan oleh mahasiswa disetiap lokasi, dapat bersifat: rintisan, pelengkap, penunjang maupun kelanjutan program. Dalam pelaksanaan program kegiatan KKN Tematik tersebut, mahasiwa berperan sebagai: Motivator dan Problem Solver. Pelaku utamanya dalam kegiatan tersebut adalah masyarakat sebagai subjek dan objek pembangunan masyarakat.

1.2  Tujuan KKN Tematik

Tujuan dari pelaksanaan KKN Tematik Unila adalah:
a.       Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa
b.      Melaksanakan terapan IPTEKS secara Teamwork dan interdispliner.
c.       Menanamkan nilai kepribad ian:
·         Nasionalisme dan jiwa pancasila
·         Keuletan, etos kerja dan tanggung jawab
·         Kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan
d.      Meningkatkan daya saing nasional
e.       Menanamkan jiwa peneliti
·         Eksploratif dan analisis
·         Mendorong learning community dan learning society

1.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan KKN Tematik

1.3.1 Waktu Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dilaksanakan sesuai dengan kurikulum pendidikan KKN Tematik Universitas Lampung Tahun 2013 yaitu selama 40 hari mulai tanggal 17 Januari 2013 sampai dengan 26 Februari 2013. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar