Rabu, 23 Januari 2013

Bunga Rampai Perjalanan di Bumi lada Tuah Pepadan


Suka Dana Baru, sebuah desa yang ada di kecamatan Marga Tiga, salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Lampung Timur, provinsi Lampung. Desa ini merupakan desa yang saat ini kami diami untuk melakukan kewajiban kami sebagai mahasiswa yakni Kuliah Kerja Nyata ( KKN ). KKN merupakan salah satu hal yang wajib kami lalui sebagai wujud pengabdian terhadap masyarakat yang merupakan salah satu point dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi ( Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian terhadap masyarakat ). KKN disini menjadi peroses kami dalam bersosialisasi kepada masyarakat dan wujud penerapan didiplin ilmu yang telah dipelajari di kampus.
Kamis, 17 Januari 2013, kami sampai didesa SukaDana Baru, sebuah desa yang begitu sangat ramah. Ini terlihat saat kami baru pertama kali sampai di Desa ini, kami disambut dengan baik oleh aparat desa maupun masyarakat desa.Desa ini dibagi menjadi 8 Dusun yang terdiridari 28 RT, sebuah desa yang begitu sangat besar dengan jumlah KK sebanyak 1674 KK ( Kepala Keluarga ).
Dalam penurunan kami sebagai tim KKN di desa Suka Dana Baru kami mempunyai tema yang akan kami formulasikan dan akan mengerucut pada kegiatan yang akan kami lakukan di desa ini. Tema ini terbagi menjadi 1 Tema Umum dan 2 tema khusus, tema umum dalam kegiatan KKN kali ini yakni “Harmonisasi Sosial”, sedangkan tema khususnya yakni “kesadaran hukum masyarakat dan revitalisasi pertanian perkebunan”.
Untuk mencapai tema tersebut kami mulai melakukan identifikasi masalah yang ada pada desa, mulai dari masalah ekonomi, sosial, pertanian, hukum maupun permasalahan lainnya. Kemudian setelah kami melakukan identifikasi masalah, kami mulai merumuskan program apa saja yang cocok dan memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.(pad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar